Friday, January 2, 2009

Submission pada Google


Cara melakukan submission/submit website/blog ke search engine sangat perlu dilakukan dengan tujuan website/blog yang kita kelola ini terindeks pada database search engine tersebut. Ada beberapa Search engine, directori maupun FFA seperti yang sudah kita kenal yaitu Yahoo dan Google. Maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman saya untuk temen-temen blog yang belum mendaftarkan website/blog nya ke Search engine. Untuk kali ini saya coba membahas cara submit di Google saja karena lebih sederhana dan keberhasila website untuk terindeks pada Google juga cukup besar.

Di Google sendiri mempunyai 4 fasilitas pencarian, yaitu web, gambar, grup, dan direktori. Untuk pencarian berdasarkan direktori, google menggunakan database milik Open Directory (dmoz.org). Oleh karena itu, jika websitekita telah terindeks pada Open Directory maka juga akan ditemukan pada direktori Google.com ini.
Untuk Pencarian berdasarkan web, Google menggunakan teknologi spider. Dengan cara inilah Goodle mengindeks semua kata yang ada pada halaman website yang di-submit. Oleh karena itu pada saat submit website tidak memerlukan keyword apalagi meta tag.

Cara Submit ke Google.com dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Buka alamat untuk submit ke Google, yaitu www.google.com/addurl.html
2. Isi URL dengan alamat website yang akan disubmit, dan Comment dengan pesan yang ingin anda sampaikan. Selanjutnya klik tombol Add URL sehingga tampil komfirmasi bahwa proses addURL telah selesai.

Bagaimana cukup mudah bukan??! Semoga hal yang cukup mudah menjadi sesuatu yang sangat berharga... hehehehe

No comments:

Post a Comment